Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pola Pendidikan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin

1. Pola Pendidikan Islam Pada Masa Khalifah Abu Bakar As-Siddiq ( 632  - 634)
Pada materi pendidikan islam terdiri dari pendidikan tauhid, akhlaq, ibadah dan kesehatan.
     a. pendidikan keimanan yaitu : menanamkan bahwa yang satu - satunya Tuhan  yang wajib disembah adalah
         Allah.
     b. Pendidikan Akhlak seperti adab masuk rumah, sopan santun, bergaul dalam masyarakat.
     c. Pendidikan ibadah seperti pelaksanaan sholat, puasa , haji.
     d. Pendidikan kesehatan yaitu tentang kebersihan
Pada masa ini lembaga untuk belajar disebut Kuttab.
Merupakan lembaga pendidikan yang dibentuk setelah masjid. Pusat pembelajarannya ada di madinah. Tenaga pendidik adalah para sahabat Rosul yang terdekat.
Masjid dujadikan sebagai benteng pertahananrohani, tempat pertemuan dan lembaga pendidikan Islam juga sebagai tempat sholat berjamah, membaca Al-Qur'an.
2. Pola Pendidikan Pada Masa Khalifah Umar Ibnu Khattab ( 634- 644)
Pada masa ini pola pendidikan lebih maju karena selama pemerintahan Umar kondisi negara dalam keadaan stabil. Pendidikannya dikelola di bawah pengaturan gubernur yang berkuasa saat itu, serta diiringi kemajuan di berbagai bidang seperti jawatan pos, kepolisian, Baitul mall.
Mata pelajaran yang diajarkan adalah membaca dan menulis Al-Qur'an, menghafalnya serta pokok -pokok ajaran agama Islam. Pendidikan memanah, berkuda, ketrerampilanpun sudah mulai diajarkan pada masa Khalifa Umar. Pusat pendidkannya dilakukan di masjid- masjid, pasar- pasar. Tiap - tiap daerah ditunjuk satu orang guru untuk mengajarkan isi Al - Qur'an dan ajaran islam lainnya. Sumber gaji para pendidik pada waktu itu diambilkan dari Baitulmall.

3. Pola Pendidikan Pada Masa Khalifah Usman Bin Affan ( 644- 656)
Pada masa ini pelaksanaan pendidikan tidak jauh berbeda dengan masa sebelumnya. Pendidikan pada masa ini hanya melanjutkan apa yang telah ada, namun hanya terjadi sedikit perubahan yang mewarnai pendidikan islam, yaitu para sahabat sudah diperbolehkan meninggalkan kota Mekkah tidak seperti saat Khalifah Umar mereka tidak diperbolehkan meninggalkan Mekkah.pada masa ini ada usaha yang sangat cemerlang dan sangat berpengaruh luar biasa bagi pendidikan Islam yaitu usaha untuk membukukan Al- Qur'an. Karena pada waktu itu terjadi perselisihan dalam bacaan Al-Qur'an.
Pendidikan pada masa ini tidak banyak terjadi perkembangan jika dibandingkan dengan masa Umar, karena urusan pendidikan diserahkan begitu saja kepada rakyat, dan kondisi pemerintahannya tidak stabil, banyak muncul pergolakan dari masyarakat.

4. Pola Pendidikan Pada Masa Ali bin Abi Thalib ( 656 - 661)
Pada masa ini terjadi kekacauan dan pemberotakan, sehingga pemerintahannya tidak stabil. hal ini menyebabkan kegiatan pendidikan Islam mengalami hambatan dan gangguan. Seluruh perhatiannya hanya difokuskan pada masalah keamanan dan kedamaian bagi masyarakat Islam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar